Running Text

Free Konsultasi Pembuatan System Telepon/PABX

Fiture pada PABX


Sedikit saya akan tulis mengenai beberapa review fiture pada PABX .
Dari tulisan ini saya berharap semoga bermanfaat terutama kepada para pemakai PABX , paling tidak memberikan wawasan bahwa mesin yang kita gunakan ini mampu untuk dimanfaatkan sebagai berikut:


1. DND (Do Not Distrub)
Salah satu fitur pada PABX ini befungsi untuk menonaktifkan pesawat telepon dari aktifitas terima telepon. Sehingga saat DND aktif maka extension tersebut tidak bisa dihubungi (di bel) dari extension lain.
Fitur ini sangat cocok diaktifkan saat sedang meeting atau keperluan lain yang tidak bisa diganggu (terutama dari pesawat telepon).
Namun bukan berarti saat DND aktif kemudian kita tidak bisa melakukan panggilan telepon. Kita tetap bisa melakukan panggilan telepon baik interkom maupun panggilan melalui CO Line

2. Absent Message
Jika anda sering menggunakan media komunikasi chatting maka kita dapat update status kita (available, busy, meeting atau mobile). Status inilah yang akan menginformasikan lawan chatting kita tentang kondisi kita saat ini.
Begitu juga pada PABX, sebelum kita meninggalkan meja kita, kita dapat mengatur status pesawat telepon kita tentang kondisi saat ini. Sehingga pesawat telepon lain yang hendak menghubungi dapat secara langsung mengetahui status kita saat itu (hanya tertampil pada pesawat digital display)
Status yang tersedia pada PABX adalah “Will Return Soon, Go Home, In a Meeting, Back at hh:mm, At Extension: xxx atau kita bisa bikin status pribadi/Personal Absent Message “

3. Call Forward
Istilah umumnya pengalihan panggilan. Jadi ketika ada panggilan pada extension maka secara otomatis panggilan akan dialihkan ke pesawat lain (bisa ke Extension atau Line eksternal seperti hand phone atau nomor telepon lain).
Fiture ini bermanfaat terutama bagi yang mobilitas nya tinggi dan menghendaki dapat menerima semua panggilan yang masuk melalui extension nya.


4. UCD (Uniform Call Distribution)
Fiture ini digunakan terutama pada group operator. Dengan UCD maka panggilan masuk ke PABX (incoming CO) akan didistribusikan ke dalam group operator secara merata. Sehingga dalam anggota group operator masing-masing anggota mempunyai jumlah yang sama dalam penerimaan panggilan telepon.

5. ICD (Incoming Call Distribution)
Nah apa bedanya dengan UCD? Kalau yang satu ini (ICD) adalah metode untuk mendistrusikan telepon masuk (CO incoming call). Jadi fitur no 4 adalah bagian dari metode ICD dalam mendistribusikan panggilan masuk.
Untuk ICD, disini kita bisa membuat sebuah group dimana terdiri dari beberapa extension. Group ini kita bisa kasih satu nomor extension (istilahnya Floating nomor). Jadi jika nomor group ini dipanggil maka seluruh anggota group akan ikut berdering.

Pertanyaannya: Bisakah satu extension menjadi 2 atau lebih anggota group ICD?
Jawabannya: BISA.

Trus fungsinya untuk apa? Coba utarakan pendapat anda……..

6. Extension Lock
Bagi para pemakai Panasonic PABX (terutama yang extensionnya bisa bebas melakukan panggilan, kalo yang kelas terima mohon maaf…. gak ngefek!!), fiture ini sangat bermanfaat. Apalagi ada billing yang harus dipertanggung-jawabkan. Sebab seluruh aktifitas telepon ke luar akan tercatat di billing kemudian akhir bulan siap-2 aja diomelin Finance (apa si Boss ya..??) kalau pemakaian teleponnya membengkak. Padahal belum tentu yang memakai kita orang. Makanya aktifkan saja extension lock nya. Dijamin saat kekunci telepon anda tidak bisa dipakai untuk telepon keluar (tapi kalo untuk interkoman masih bisa).

Ingat untuk unlock saat mau beraktifitas, jangan langsung memvonis PABX rusak tidak bisa untuk telepon. Padahal masih terkunci......Bangun hooiiiii...!!!



Bersambung........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar